Inilah Beberapa Tantangan Menjadi Seorang Wirausaha Wanita yang Sukses

tantangan menjadi wirausaha wanitaSelama ini, sebagian besar orang menganggap bahwa wanita adalah makhluk yang lemah. Namun, di era modern, wanita pun tak kalah hebat dari para pria. Terbukti dari banyaknya wanita yang menjelma sebagai pengusaha andal. Meski memang angka pertumbuhan pebisnis wanita masih tergolong rendah, tetapi tidak menjadikan kaum hawa kalah saing dengan kaum adam.

Sebelum Anda terjun ke dunia bisnis, ada sejumlah rintangan yang akan Anda hadapi. Adapun tantangan menjadi wirausaha wanita, di antaranya sebagai berikut.

  1. Tradisi

Disadari atau tidak, tradisi dapat menjadi penghambat kesuksesan bisnis bagi seorang wanita. Pasalnya, di Indonesia wanita identik dengan urusan dapur. Maklum saja, sebagian besar orang berpendapat bahwa seorang wanita cukup mengurusi rumah tangga saja, tidak perlu mengejar karier layaknya seorang pria.

Anggapan tersebut sudah mendarah daging. Meski segelintir wanita berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu meraih kesuksesan. Namun, tidak menutupi fakta bahwa hal tersebut secara tidak langsung dapat membuat Anda merasa bimbang. Apakah Anda harus melanjutkan atau mengurungkan niat.

Untuk mengatasinya, Anda harus berani dan siap menerobos tradisi yang membatasi ruang gerak Anda selama ini. Pastikan untuk tetap berpegang teguh pada pendirian dan keyakinan Anda.

  1. Diskriminasi Sosial

Mayoritas orang hidup dengan pikiran bahwa pria lebih baik ketimbang wanita. Hal tersebut terlihat jelas di kehidupan nyata. Di mana para pria lebih banyak menduduki posisi penting, baik dalam pemerintahan maupun pekerjaan lain yang biasanya ditangani oleh kaum adam, semisal tukang las, sopir, montir, tukang ledeng, penjaga keamanan, ataupun pemadam kebakaran. Meskipun di luaran terdapat seorang wanita yang mampu menangani mesin mobil dengan baik, kebanyakan orang akan melihatnya dengan sebelah mata.

Hanya karena Anda seorang wanita, bukan berarti Anda membatasi kemampuan untuk berkembang. Jangan pedulikan anggapan orang lain, maksimalkan potensi diri Anda dan tunjukkan pada dunia bahwa Anda dapat sejajar dengan kaum pria.

  1. Kurang Percaya Diri

Tantangan menjadi wirausaha wanita selanjutnya adalah kurangnya rasa percaya diri. Biasanya, hal ini disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Bagaimana cara mereka memperlakukan Anda.

Jika mereka menganggap Anda sebagai angin lalu padahal kemampuan Anda mumpuni, tak heran jika lambat laun rasa kepercayaan diri Anda mengikis. Hal yang wajar, tetapi bukan berarti Anda menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk berkubang dalam jurang keputusasaan.

Anda harus bangkit. Yakinlah pada kemampuan diri. Ingat, jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana bisa orang lain percaya pada Anda?

  1. Bisnis dan Keluarga

Meski Anda pebisnis sukses, Anda tetaplah seorang wanita yang ditakdirkan untuk mengurus segala kebutuhan suami dan anak-anak. Selama Anda bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan kewajiban Anda di rumah, semua akan dapat berjalan dengan baik.

Jika di tengah jalan, Anda menemukan kendala maka jangan ragu untuk berbicara dengan pasangan Anda untuk mencari solusi terbaik. Dengan begitu, Anda akan menghapus stigma bahwa biasanya wanita karier memiliki hubungan kurang harmonis atau gagal dalam membina rumah tangga.

  1. Akses Dana Terbatas

Setiap orang yang hendak berkecimpung dalam dunia bisnis membutuhkan banyak dana. Tidak hanya untuk memperluas ekspansi bisnis saja, melainkan juga untuk membuka usaha pendukung lainnya.

Sayangnya, sebagian besar investor kurang memerhatikan pebisnis wanita. Pihak bank pun lebih memilih menggelontorkan dana pada pengusaha pria ketimbang wanita. Hal inilah yang menyebabkan pengusaha wanita merasa kesulitan untuk meningkatkan modal.

Terlepas dari banyaknya penolakan yang Anda terima, Anda harus tetap tenang karena masih banyak cara yang bisa digunakan. Anda bisa meminjam dana dari sejumlah kenalan baik, sepertiĀ  kerabat dekat, sahabat, atau teman dalam jumlah kecil. Semisal, Anda membutuhkan uang tunai sepuluh juta rupiah maka pinjamlah uang tersebut pada lima orang.

Dengan jumlah kecil, mereka tidak akan bisa menolak Anda. Lain cerita, jika Anda langsung meminjam dalam jumlah besar. Meski Anda dikenal dengan baik sekali pun, mayoritas orang akan enggan meminjamkannya.

Itulah sejumlah tantangan menjadi wirausaha wanita yang wajib untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui lebih awal, Anda bisa menyiapkan diri untuk menghadapi persaingan dan rintangan di dunia bisnis.

Referensi:

Profitable Venture. 2015. 5 Business Challenges Women Entrepreneurs Face and How to Overcome. https://www.profitableventure.com/business-challenges-women-entrepreneurs-face/. 02 Mei 2018.