Beberapa Wanita Hebat yang Memiliki Pengaruh Besar di Dunia Politik Indonesia

Siapa bilang wanita hanya pandai mengurus keluarga saja? Pada kenyataannya, tidak sedikit kaum hawa yang berhasil membawa pengaruh baik dalam pemerintahan. Mereka tidak gentar untuk terjun ke dalam dunia politik yang didominasi oleh kaum adam. Malahan, tak jarang mereka mengukir prestasi hingga kancah internasional.

Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan wanita tidak kalah dari kaum pria. Lantas, siapa saja wanita-wanita yang memiliki pengaruh besar di dunia politik? Berikut uraiannya!

  1. Megawati Soekarno Putri

wanita hebat indonesia

Megawati Soekarno Putri merupakan salah satu wanita yang tergolong sukses di dunia politik Indonesia. Bahkan, ia berada di posisi pertama dari daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia versi Globe Asia.

Putri kandung presiden pertama Indonesia ini dinilai mampu mempertahankan kepemimpinannya sesuai dengan prinsip yang dipegang teguh sang Ayah, yakni memelihara keberagaman.

Megawati berhasil menghadapi garis keras muslim dengan tetap memegang teguh ideologi Pancasila. Tak heran jika ia selalu menjadi penentu debat, ia pun kerap dimintai pendapat terkait masalah politik.

Selama tiga tahun memerintah, Megawati berhasil mengukir sejumlah prestasi, di antaranya sebagai berikut.

  • Menstabilkan inflasi, kurs rupiah terhadap dolar, BI rate, angka kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi.
  • Tidak menjadikan pengusaha bermasalah ikut ambil bagian dalam pemerintahan. Hal ini meminimalkan terjadinya state capture corruption.
  • Menstabilkan kondisi Polhukkam yang gaduh pada pemerintahan sebelumnya.
  • Melakukan banyak pembangunan infrastruktur, seperti tol Cipularang, Cikunir, Suramadu, rel ganda, dan lainnya.
  • Memiliki tekad kuat untuk menyelesaikan masalah BLBI. Pada zamannya, ia sukses menjebloskan dua oknum pengemplang BLBI.
  • Berhasil mengeluarkan Indonesia dari IMF.
  • Sukses mengungkap pelaku terorisme Bom Bali I dan II.
  • Menghasilkan uang senilai 45 milyar dolar AS dari penjualan LNG.
  1. Sri Mulyani

wanita berpengaruh di indonesia

Selain Megawati, ada Sri Mulyani yang tak kalah hebat. Menteri Keuangan Indonesia ini pernah dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia versi World Government Summit. Bukan tanpa alasan ia meraih predikat tersebut. Sri Mulyani dinilai sangat berjasa dalam menstabilkan perekonomian nasional.

Tak heran jika ia masuk dalam jajaran wanita-wanita yang memiliki pengaruh besar di dunia politik. Adapun sederet prestasi yang berhasil diukur Sri Mulyani selama terjun dalam dunia politik, antara lain sebagai berikut.

  • Direktur Pelaksana Bank Dunia

Jabatan ini merupakan posisi penting yang hanya bisa diduduki oleh orang terpilih. Selama menjabat, Sri Mulyani mendapatkan respons sangat baik.

  • Dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia

Berkat kehebatan Sri Mulyani dalam melakukan reorganisasi di lingkungan Kemenkeu, Sri Mulyani pernah dinobatkan sebagai Finace Minister of The Year 2008 for Asia.

  • Tribute to Woman

Sri Mulyani meraih penghargaan Tribute to Woman di tahun 2008 karena mampu menginspirasi wanita Indonesia lainnya.

  • Leader in Rising Asia

Di tahun 2008, Sri Mulyani pernah dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di Asia.

  1. Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pudjastuti

Sejak awal, nama Susi Pudjiastuti memang sudah menjadi buah bibir. Maklum saja, jika selama ini menteri selalu diisi oleh orang-orang bergelar sarjana hingga doktor, Susi hanyalah lulusan SMP. Meski begitu, bukan berarti Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia ini tidak mumpuni.

Malahan, Susi Pudjiastuti sangat kompeten di bidangnya. Ia bahkan ditakuti oleh nelayan ilegal yang kerap mencuri ikan di perairan Indonesia. Susi tidak hanya pintar dan cakap, ia pun tegas dan pemberani.

Siapa sangka menteri yang hanya lulusan SMP ini mampu meraih prestasi tingkat dunia? Adapun daftar lengkapnya, sebagai berikut.

  • Peter Benchley Ocean Awards

Menteri yang pernah diremehkan di masa awal tugasnya ini diam-diam berhasil meraih penghargaan tertinggi di dunia. Susi dianggap berhasil membawa kelautan Indonesia semakin baik. Kinerjanya di bidang maritim patut diacungi jempol.

  • Penghargaan dari WWF

Organisasi pemerhati lingkungan hidup, World Wide Fund for Nature (WWF) pun pernah menganugerahi penghargaan pada Susi Pudjiastuti. WWF menilai bahwa kebijakan yang diambil Susi sangat berperan besar pada lingkungan hidup, yakni memberantas nelayan ilegal.

  • Seafood Champion Award

Di tahun 2017, Susi meraih penghargaan Seafood Champion Award kategori leadership. Ia sukses mengalahkan sejumlah nama orang-orang hebat yang tersohor di bidang kelautan.

Itulah wanita-wanita yang memiliki pengaruh besar di dunia politik. Mereka adalah wanita tangguh yang berhasil menginspirasi wanita Indonesia dan dunia.